Hardianti, Hardianti (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP PERILAKU SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 Al-MUJAHIDIN BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2022. Diploma thesis, Universitas Balikpapan.
Text
HARDIANTI_185010505_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh realita pendidikan pada masa sekarang. Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: bagaimana implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa indonesia terhadap perilaku siswa di sekolah SMA Muhammadiyah 2 Al-Mujahidin Balaikpapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul bersifat deskriptif dengan teknik analisis komponensial. Penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia terhadap perilaku siswa di SMA Muhammadiyah 2 Al-Mujahidin Balikpapan pada tahap perencanaan berhasil mengimplementasikan 4 nilai pendidikan karakter, tahap pelaksanaan 15 nilai pendidikan karakter, dan tahap penutup 4 nilai pendidikan karakter. Metode yang digunakan yaitu mengajarkan, keteladanan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah terbilang bagus, karena menimbulkan dampak yang positif bagi karakter peserta didik. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan karakter, Kualitatif, Perilaku Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Uniba |
Date Deposited: | 05 May 2023 05:34 |
Last Modified: | 05 May 2023 05:34 |
URI: | http://repository.uniba-bpn.ac.id/id/eprint/2663 |
Actions (login required)
View Item |