EVALUASI PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD PADA PT. ADI SARANA ARMADA TBK (ASSA)

GITA AYU SABATINI, SABATINI (2019) EVALUASI PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD PADA PT. ADI SARANA ARMADA TBK (ASSA). Diploma thesis, Universitas Balikpapan.

[img] Text
HABILLAH HARTONO - 13.11.106.401201.1649.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Balance Scorecard suatu kerangka kerja baru untuk mengintegritaskan berbagai ukuran yang diturunkan dari strategi perusahaan. Dalam menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompleks seperti saat ini dibutuhkan metode pengukuran kinerja yang dapat menilai kinerja perusahaan secara akurat dan menyeluruh. Tujuan penggunaan balance scorecard adalah untuk mengukur kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu : perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penulis menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan desain penelitian yaitu desain deskriptif. Tujuan utamanya metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuanitatif berupa laporan keuangan perusahaan PT. Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) selama 3 tahun (2015-2017) dan data kualitatif berupa kumpuan data non angka yang sifatnya deskriptif, meliputi sejarah singkat perusahaan, struktur entitas dan gambaran mengenai proses penjualan dan pelayanan. Alat analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis laporan keuangan yang berupa perhitungan rasio-rasio seperti ROA, CR, dan TATO. Persektif keuangan menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan dikatakan relatif baik karena kinerja keuangan perusahaan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Perspektif pelanggan menunjukkan bahwa pelanggan merasa puas atas pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Perspektif proses bisnis internal hasil yang sangat baik dilihat dari inovasi perusahaan dan layanan purna jual, kesediaan pelayanan untuk memenuhi permintaan yang mendesak dan menanggapi pelanggan apabila ada keluhan secara sigap perusahaan menanggapi dengan baik. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan bahwa karyawan merasa setuju atau puas terhadap kebijakan yang telah dtetapkan oleh perusahaan. Secara umum dari hasil analisis data diatas, kinerja perusahaan akan dikatakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: UPT Perpustakaan Uniba
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:20
Last Modified: 11 Jan 2021 02:20
URI: http://repository.uniba-bpn.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item View Item