PERMASALAHAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN DALAM KURIKULUM 2013 DI SDN 024 BALIKPAPAN UTARA

FITRIANI, FITRIANI (2019) PERMASALAHAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN DALAM KURIKULUM 2013 DI SDN 024 BALIKPAPAN UTARA. Diploma thesis, universitas balikpapan.

[img] Text
FITRIANI (155020371).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan guru dalam implementasi penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam kurikulum 2013. Jenis penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Informan/subjek dalam penelitian ini adalah GK 1, GK 2, GK 3, GK 4, dan KS. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) permasalahan guru dalam implementasi penilaian pengetahuan adalah guru belum menguasai bidang teknologi (IT) meliputi analisis butir soal, analisis jawaban, kemudian dari hasil analisis tersebut dimaksukan ke dalam rapor dengan angka dan dekripsi dan pada tes lisan guru menilai secara langsung tanpa menggunakan lembar penskoran. (2) permasalahan guru dalam implementasi penilaian sikap adalah permasalahan pada waktu saat pengisian penilaian karena dokumen terlalu banyak dan rumit, dan guru memberi penilaian secara langsung tanpa menggunakan lembar pengamatan/ observasi, penilaian diri, dan teman sejawat. (3) permasalahan guru dalam implementasi penilaian keterampilan adalah permasalahan pada banyaknya jumlah peserta didik dalam satu kelas berbanding terbalik dengan ketersedian waktu. Sehingga guru menilai secara langsung karena guru tidak mampu dalam membedakan memberi penilaian keterampilan pada tahap perencanaan, tahap proses pembuatan, dan tahap akhir. Pada permasalahan penilaian keterampilan GK 1 dan GK 2 menggunakan buku tematik 8 keselamatan dirumah dan perjalanan dengan membuat hiasan anak ayam dari bidang setengah lingkaran segitiga. Sedangkan GK 3 pada pelajaran matematika di bab 5 volume kubus balok bangun ruang tak beraturan dan GK 4 di bab 5 bangun segi banyak. Kata kunci: permasalahan guru, penilaian, kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Uniba
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:26
Last Modified: 11 Jan 2021 03:26
URI: http://repository.uniba-bpn.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item